Cara mengetahui Tipe Gaya Belajar Sesuai Kepribadian


TIPE GAYA BELAJAR SESUAI KEPRIBADIAN

Bogor- Assalamualaikum :) eng ing ieng... sebelumnya saya sudah janji buat update artikel tentang Cara belajar menurut Tipe Gaya Belajar . Tapi sebelum itu tentu kita harus tahu terlebih dahulu tahu jenis gaya belajar kita tentunya.. Salah satu teman saya pun ada yang bertanya tentang Tipe Gaya Belajar dia seperti apa. Nah jika sobat juga penaran dan ingin tahu seperti apa Tipe Gaya Belajar kita. Kali ini saya akan memberi beberapa kuis yang saya dapat dari internet dan mungkin bisa mengetahui Tipe Gaya Belajar anda menurut jenis kepribadian anda. Tapi sebelumnya untuk mengisi kuis ini haruslah diperlukan kejujuran atau se-Natural mungkin mejawabnya  tanpa dibuat-buat sesuai dengan kepribadian anda.



1. Waktu belajar, kamu suka suasana yang kayak apa?




a. Yang nggak sepi-sepi banget, kalo sepi banget malah ketiduran, bukannya belajar
b. Nggak masalah di mana saja, yang penting bisa fokus. Gitu aja kok repot
c. Tempat yang tenang apalagi kalo ada musik, wuiiih pasti konsen
d. Sebenarnya nggak masalah sih di mana aja, yang penting ada yang mau ngajarin nggak???


2. Kalo baca buku, kamu suka buku-buku yang kayak gimana sih?






a. Buku yang rame, ada banyak gambar-gambarnya, biar nggak ngantuk
b. Pake gambar, nggak pake gambar juga nggak pa-pa. Yang penting cepet selesai
c. Yang banyak tulisannya. Apalagi buku yang berat-berat, asyik banget tuh
d. Hhhmmm..gimana ya?!? Aku nggak terlalu suka baca buku berat. Yang nyante ada nggak?!?


3. Wah, ada tugas kelompok neh dari guru. Responmu gimana?



a. Asyik banget tuh, ada temen ngobrol...tugas ntar aja, yang penting happy-happy dulu
b. Pake kelompok nggak pa-pa, nggak juga nggak masalah. Tapi kalo bisa, aku yang jadi ketua kelompoknya.
c. Gini aja kok pake kelompok sih? Aku pengennya sendiri neh, biar cepet selesai
d. Kerja kelompok?? Aku ngikut aja deh, yang penting ntar kalo aku nggak tau, ada yang ngajarin kan??



4. Kalo boleh milih, cara belajar favoritmu yang kayak gimana sih?



a. Yang nggak buat aku duduk berlama-lama, aku suka belajar sambil bermain ato nonton TV
b. Nggak masalah cara belajar yang gimana aja, aku bisa cepet nyesuaikan diri kok
c. Yang tenang dan ada musik lembutnya, kalo ada musik cepet konsen
d. Aku sih lebih milih ada yang ngajarin kayak mentor gitu, soalnya aku suka kalo ada yang nemenin belajar


5. Dalam kerja kelompok, peran apa yang paling kamu suka?



a. Aku jadi penggembira aja, soalnya terlalu serius juga ngebosenin kan?
b. Aku pengen jadi ketuanya. Aku yakin kok kalo aku yang mimpin tugasnya bisa cepet selesai
c. Aku sih sebenernya nggak terlalu suka kerja kelompok, tapi kalo disuruh gitu ya aku pengennya sih ngerjain bagian yang sulit-sulit
d. Ngikut aja, tapi jangan kasih tugas yang susah-susah, takutnya aku nggak bisa.



Kalo kamu udah menjawab 5 pertanyaan di atas, sekarang waktunya cocokin jawabanmu:


Kalo jawabanmu kebanyakan "a"



Wah, kamu tipe sanguin nih. Orang sanguin kurang bisa belajar di tempat yang sepi. Mereka suka belajar dengan bermain. Maksudnya, mereka suka suasana yang santai dan tidak tegang. Serius tapi santai, gitu deh. Orang sanguin kan kekuatannya bicara, jadi mereka lebih cepat belajar lewat suara. Alias cuap-cuap. Mereka nggak betah kalo belajar sambil duduk berlama-lama, justru itu bikin mereka ngantuks. Biasanya, mereka suka belajar dengan ditemani suara TV ato radio gitu. Hehehhehe...
Karna orang sanguin itu pelupa. Mereka biasanya menghapal lebih masuk dengan mengingat hal-hal lucu. Belajar menghapal dengan mengasosiasikan (mengimajinasikan) hal-hal lucu. Kalo udah kayak gini, cepet tuh masuk pelajarannya.


Kalo jawabanmu kebanyakan "b"


Berarti kamu seorang koleris. Sebenernya sih orang koleris itu nggak susah untuk belajar, dalam arti di mana aja bisa. Mereka seorang pembelajar yang cepat tangkap dan cepat tanggap. Yang pasti, mereka nggak suka belajar bertele-tele dan terlalu teori yang nggak perlu. Mereka suka belajar yang praktis-praktis, kalo bisa dengan rumus-rumus singkat begitu.

Mereka suka untuk ambil kendali, cepet dalam mengambil keputusan. Cocok untuk jadi pemimpin kerja kelompok, karna mereka memang suka jadi pemimpin hehehehe.... Dan yang pasti, koleris adalah pelajar yang suka untuk adu debat. Tentu debat positif. Mereka suka tampil dan PD untuk diskusi ato tukar pikiran.


Kalo jawabanmu kebanyakan "c"


Ini nih dia si melankolis sejati. Orang-orang pemikir dan suka teori-teori mendalam. Tipe ini suka belajar di tempat tenang ‘en ditemani musik yang mengayun lembut. Tipe ini terkenal dengan pemikir dan jenius. Mereka pada dasarnya suka sekali belajar, nggak heran soal-soal yang sulit bisa diselesaikan mereka dengan mudah.
Karena mereka orang yang suka berpikir, mereka lebih memilih belajar dengan cara visual, yaitu memvisualisasi yang mereka pelajari. Logika mereka jalan banget, dan mereka nggak terlalu suka kerja kelompok, soalnya meski cerdas, biasanya mereka pendiem dan agak minder.


Kalo jawabanmu kebanyakan "d"



Wah, kamu seorang pleghmatis. Biasanya neh, orang tipe ini belajar dengan mentoring. Maksudnya lebih cepat nangkep kalo ada yang ngajarin. Soalnya orang tipe ini suka lelet dan sering nggak disiplin.
Bawaan mereka yang nyante banget itu kadang terkesan seperti malas-malasan. Makanya, lebih bagus deh kalo mereka belajar ada yang mentoring, ato yang bantu ngawasin. Karena orang pleghmatis cinta damai, mereka nggak terlalu suka yang namanya diskusi ato tukar pikiran yang sampai seperti "debat". Bagi mereka hal-hal kayak gitu justru buat mereka pusing.

Udah tau kan tipe belajar yang cocok dengan kepribadian anda?? Cobain deh ubah gaya belajar, kalo kamu ngerasa nggak sreg. Gimanapun juga, jadikan belajar sebagai kegiatan yang menyenangkan. Kalo kita menikmati cara belajar kita, kita jadi nggak tertekan dan bisa fokus untuk belajar.

Intinya, tidak ada gaya pribadi yang lebih jelek dari yang lain. Semua punya kelemahan dan kelebihan sendiri. Tapi yang mau kerja keraslah yang berhasil. Jadi, belajarlah dengan rajin dan jangan mudah menyerah :).

Nah.Itu tadi untuk mengetahui Tipe dari Gaya Belajar anda sesuai dengan kepribadian anda. Untuk CARA BELAJAR SESUAI TIPE GAYA BELAJAR nya ( Auditorial,Visual, Kinestetik). tunggu update-tan terbaru saya nanti :) wassalamu alaikum :)

Komentar

Posting Komentar