Apa itu Akuntansi , pengertian, serta Definisinya?

satriaonblogger -  Assalamualaikum. Kali ini saya menuis artikel tentang Apa itu Akuntansi , pengertian,  serta Definisinya? . Oke artikel ini saya tulis setelah saya membuka kembali materi-materi tentang akuntansi dasar. Ini sebenarnya materi  yang pertama kali yang saya pelajari dulu hehe..

Tentu bagi anda yang pertama kali belajar tentang akuntansi untuk yang pertama kalinya , harus tahu Apa itu Akuntansi , pengertian,  serta Definisinya?  .  Langsung saja Apa itu Akuntansi , pengertian,  serta Definisinya?  .



Akuntansi adalah  seni mencatat, mengklasifikasi dan mengikhtisarkan transaksi-transaksi yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi guna menyampaikan informasi tentang keadaan keuangan suatu entitas/ perusahaan kepada para stake holder (orang yang berkepentingan) dalam bentuk laporan keuangan.

Menurut definisinya akuntasni terbagi dua yakni :

1. Menurut  fungsi dan kegunaannya
Akuntansi merupakan aktivitas jasa yang berfungsi memberikan informasi kuantitatif mengenai kesatuan-kesatuan ekonomi terutama yang bersifat keuangan yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan.

2. Menurut kegiatannya
Akuntansi adalah seni mencatat, mengklasifikasi dan mengikhtisarkan transaksi-ttransaksi kejadian yang sekurang-kurangnya atau sebagaian bersifat keuangan dengan cara menginterpretasikan hasil-hasilnya

Adapun akuntansi ini terbagi menjadi 3 macam yakni
1. Akuntansi manajemen
Adalah cabang akuntansi yang menghasilkan laporan keuangan bagi pihak intern organisasi atau manajemen

2. Akuntansi keuangan
Adalah cabang akuntansi yang menghasilkan laporan keuangan bagi pihak ekstern seperti investor, kreditor, dan Bapepam

3. Akuntansi pemerintahan
Adalah cabang akuntansi memproses transaksi-transaksi keuangan pemerintah yang menghasilkan laporan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan APBN/APBD kepada rakyat melalui lembaga legislatif serta untuk kepentingan pihak-pihak yang terkait.


Oke mungkin cukup sekian dulu artikel mengenai  Apa itu Akuntansi , pengertian,  serta Definisinya?  . Kalo mau ada yang ditanyakan lebih lanjut mungkin anda bisa berkomentar di bawah ini. :). Bagi kamu yang mungkin baru belajar akntansi kamu juga bisa baca artikel tentang jurnal - jurnal akuntansi. Semoga bermanfaat . wassalamualaikum…

Komentar